our Fan Box

Minggu, 08 Agustus 2010

pramuka sebagai bentuk karakter generasi muda

Pramuka online, Sabirejo 21 Juli 2010

Bumi perkemahan Ki Ageng Srenggi dipenuhi pramuka penegak se Kabupaten Sragen. Mereka tengah mengikuti pembukaan Jambore Cabang Kwartir Cabang 11 – 14 Kabupaten Sragen tahun 2010 Rabu (21/7). Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Sragen Ir. Darmawan Minto Basuki, MM, MT, Ketua Kwarcab Drs. H. Eddy Sasongko, MM serta pimpinan SKPD lingkungan Kabupaten Sragen. Kegiatan dibuka secara resmi dengan penancapan kapak oleh Sekda.

Eddy Sasongko dalam laporannya mengatakan kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari, mulai selasa 20 Juli hingga sabtu 24 Juli mendatang. Jambore penegak tersebut diikuti oleh 470 pelajar putra dan 470 pelajar putri. 940 siswa tersebut berasal dari perwakilan gugus depan SMP, MTS Negeri dan Swasta se Kabupaten Sragen.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjalin silaturahmi antar penegak se Sragen, menambah pengalaman dan ketrampilan peserta. Materi yang diberikan antara lain tentang kegotong royongan, kesehatan, dan pionering. Usai jambore ini berakhir diharapkan seluruh peserta dapat mengembangkan apa yang didapat bagi gugus depannya.

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah mengatakan dengan kegiatan semacam ini diharapkan dapat menciptakan sumber daya manusia yang unggul, terampil dan cerdas. Karena hal tersebut selaras dengan visi Kabupaten Sragen "Sragen Smart Regency". Lebih lanjut Sekretaris daerah berharap bahwa adik-adik pramuka sebagai pemegang tongkat estafet kepemimpinan bangsa dimasa yang akan datang, harus terus menerus memupuk jiwa patriotisme, nasionalisme, dan semangat membangun negara dan daerah kita.

Selain itu Sekda mengatakan gerakan pramuka merupakan suatu wahana penting untuk membentuk watak atau karakter dan kepribadian nasional bagi generasi muda bangsa. Pramuka juga sebagai tempat untuk menempa keterampilan dan pengetahuan untuk memupuk jiwa disiplin dan membina semangat kebersamaan bagi para anggotanya. Semua hal itu untuk menempa para anggota dapat hidup mandiri, berani, bertanggung jawab, disiplin dan terampil.(sumber berita:http://www.sragenkab.go.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar